Lebih dari 100 orang perhari bergabung di komunitas Ajeg Bali, untuk mendapatkan informasi menarik seputar bali — ekslusif & gratis melalui email mereka.

Bahasa Bali Anggota Bagian Tubuh Paling Lengkap

Bagian-bagian-2BAnggota-2BTubuh-2BBahasa-2BBali.png

Kita sebagai manusia memiliki dua anggota tubuh. Sebaiknya kami menjaga dengan baik anggota tubuh yg dimiliki, agar tetap berfungsi dengan baik.
Pada pelajaran bahasa bali, kami akan belajar mengenai bagian-bagian anggota tubuh. Materi ini dipelajari ketika SD kelas 2 atau 3. Bagi yg sudah lupa, mari kalian mengingat kembali
Beberapa orang mungkin sudah terbiasa menyebutkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mayoritas memang masyarakat bali sering berkomunikasi dengan bahasa bali yg dicampur dengan bahasa indonesia.
Apakah ini masalah? Jawabannya tentu relatif, semasih dalam konteks dimengerti oleh lawan bicara tentu bisa saja digunakan. Tujuan dari bahasa tentu saja untuk berkomunikasi. Alangkah baiknya kalian memahami kata demi kata tertentu dalam bahasa bali.

Berikut ini nama-nama bagian anggota tubuh manusia dalam bahasa bali

Bаhаѕа Indоnеѕіа Krunа Andар Krunа Aluѕ
1 Rаmbut Bоk Rаmbut
2 Rаmbut уg рutіh Bоk ubаn Dwаlуа
3 Dаhі Gіdаt Lеlаtа
4 Alіѕ Alіѕ Wіmbа/rаrіk
5 Mаtа Mаtа Pаnуіngаkаn
6 Bulu mаtа Bulun mаtа Rіngrіng
7 Hіdung Cunguh Irung
8 Pірі Pірі Pаngаrаѕаn
9 Tеlіngа Kuріng Kаrnа
10 Mulut Bungut Cаngkеm
11 Bіbіr Bіbіh Lаmbе
12 Gіgі Gіgі Untu
13 Lіdаh Lауаh Lіdаh/іlаt
14 Dаgu Cаdіk Lеlеntеk
15 Lеhеr Bаоng Kаntа
16 Dаdа Tаngаh Dаdа
17 Pауudаrа Nуоnуо Suѕu
18 Hаtі Ulun аtі Ulun аngеn
19 Pеrut Bаѕаng Wаduk/gаrbа
20 Bаhu Pаlа Bаhu
21 Tаngаn Lіmа Tаngаn
22 Kаkі Bаtіѕ Cоkоr

Kеtеrаngаn:

Basa Andap: Bahasa kasar/biasa (tinjukan kepada orang bali yang tak berkasta)Basa Alus : Bahasa halus (tinjukan kepada orang bali yang berkasta)

Orang yang tidak berkasta berasal dari kaum sudra dengan nama awalan bali seperti Putu, Wayan, Made, Kadek, Komang, Nyoman, Nengah, dan Ketut.

Jika berkasta memiliki nama awalan bali seperti Gusti, Dewa, Cokorde, Ida Bagus dan Dayu.

Anak kecil memang jarang menggunakan bahasa bali di daerah perkotaan, sehingga penanaman konsep bahasa bali utama adanya.

Bagi anak-anak yang lahir dan besar di desa, mayoritas memang dapat bahasa bali secara alami. Mengingat bahasa yang tidak jarang mereka dengarkan adalah bahasa bali.

Anak-anak belajar berkomunikasi dari proses meniru. Setelah kalian paham materi ini, jangan lupa pelajari cecimpedan juga.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This