Lebih dari 100 orang perhari bergabung di komunitas Ajeg Bali, untuk mendapatkan informasi menarik seputar bali — ekslusif & gratis melalui email mereka.

Inilah 10 Daerah Wisata Bersahabat Pelabuhan Gilimanuk

Pulau Bali mempunyai beberapa pelabuhan maritim yang tersebar di beberapa titik, di timur terdapat Pelabuhan Padang Bai, di selatan terdapat pelabuhan Benoa, di barat terdapat pelabuhan Gilimanuk dan di sebelah utara ada pelabuhan Celukan Bawang. Jika tiba melalui jalur darat dari Pulau Jawa, maka satu-satunya jalan masuk menuju Pulau Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk. Pelabuhan ini dipilih para wisatawan yang ingin menuju Pulau Jawa atau sebalinya jikalau memakai jalur darat. Menurut wikipedia, setiap harinya, ratusan perjalanan kapal feri melayani arus penumpang dan kendaraan dari dan ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk di Bali. Rata-rata durasi perjalanan yang diharapkan antara Gilimanuk – Ketapang atau sebaliknya dengan feri ini yaitu sekitar 1 jam.
Pulau Bali mempunyai beberapa pelabuhan maritim yang tersebar di beberapa titik Inilah 10 Tempat Wisata Dekat Pelabuhan Gilimanuk
Tempat wisata akrab pelabuhan Gilimanuk

Bagi yang kebetulan berlibur ke Bali Barat dan ingin mencari tempat wisata yang akrab dengan pelabuhan Gilimanuk, berikut admin rekomendasikan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata berikut ini.
1. Pantai Karang Sewu
Bagi pecinta pantai, pantai Karang Sewu wajib dikunjungi dikala berlibur ke Bali Barat, alasannya yaitu pantai yang berlokasi di Banjar Arum, Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali ini mempunyai panorama alam yang sangat indah dengan hamparan padang rumput hijau yang cukup luas. Cocok untuk tempat istirahat sejenak untuk melepaskan lelah akhir perjalanan yang jauh alasannya yaitu pantai ini mengatakan kedamian setiap pengunjungnya. Terdapat sebuah pohon yang tumbuh di pinggir pantai yang menjadi ciri khas pantai ini. Oleh para wisatawan, pohon yang berdaun rindang ini disebut sebagai pohon jomblo, lucu ya sebutannya. Pohon tersebut sanggup dipakai untuk berteduh di siang hari lho. Bagi yang hobi eksis di dunia maya, khususnya pengguna Instagram, pantai Karang Sewu sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.
2. Teluk Gilimanuk
Tidak hanya di pantai karang sewu para pelancong sanggup menikmati panorama laut, di teluk gilimanuk juga menyuguhkan pemandangan maritim yang sangat memukau mata. Akses menuju objek wisata teluk Gilimanuk sangat gampang sekali, alasannya yaitu lokasinya berada sempurna depan Pelabuhan Gilimanuk dan bersebelahan dengan Terminal Gilimanuk. Di teluk ini pengunjung akan ditawarkan kegiatan naik bahtera motor untuk berkeliling teluk dengan panorama yang sungguh indah. Di kejauhan akan terlihat pulau-pulau yang ditutupi rimbunan pohon bakau yang tumbuh dengan suburnya. Terlihat juga perahu-perahu nelayan yang bersandar menambah indahnya panorama di teluk ini.
3. Taman Siwa
Tidak jauh dari tempat Teluk Gilimanuk terdapat sebuah taman yang terdapat sebuah patung besar yang tingginya mencapai 22 meter lho. Taman ini diberi nama Taman Siwa alasannya yaitu terdapat Dewa Siwa Maheswara yang menjadi ikon dari tempat wisata ini. Untuk menambah kenyamanan para pengunjung, maka pemerintah melengkapi taman ini dengan beberapa akomodasi ibarat tempat parkir yang luas dan gazebo untuk nongkrong sambil menikmati keindahan taman ini. Bagi yang ingin berolahraga atau sekedar jalan-jalan, di taman ini juga dilengkapi area jogging track yang mengelilingi patung tersebut.
4. Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal dan terkenal di Bali Barat. Kawasan Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat hutan lindung yang rindang dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat istirahat tapi hanya di pinggir jalan saja. Perlu diperhatikan bahwa di hutan ini terdapat banyak monyet liar, jadi diharapkan untuk berhati-hati jikalau akan istirahat di tempat ini. Di sini pengunjung akan melihat sebuah patung beberapa binatang dengan berpose tertentu yang menjadi ciri khas dari tempat wisata ini ibarat burung jalak bali, kera, dan binatang lainnya.
5. Vihara Empu Astapaka
Vihara Empu Astapaka mempunyai keunikan yakni terdapat patung Buddha berwarna putih setinggi 25 meter yang berdiri di atas sebuah candi berukiran khas Bali. Patung Budha ini merupakan patung Budha tertinggi di Indonesia lho.
6. Museum Manusia Purba
Museum Manusia Purba merupakan satu-satunya museum yang ada di Kabupaten Jembrana yang merupakan situs prasejarah yang menyimpan peninggalan masa kemudian berupa sisa-sisa kehidupan, ibarat rangka manusia, binatang, dan peralatan-peralatan yang dipakai beberapa era lalu. Lokasinya pun sangat akrab dengan pelabuhan maritim Gilimanuk. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi untuk mengenal lebih jauh ihwal kehidupan insan purba terutama belum dewasa yang masih duduk di dingklik sekolah.
7. Pantai Selat Bali
Walaupun Pantai Selat Bali tidak terkenal di Bali Barat, namun mengatakan pesona pantai yang sangat indah. Lokasi ini sangat cocok dikunjungi untuk mencari ketenangan alasannya yaitu tempatnya tidak begitu ramai dari kunjungan wisatawan.
8. Pulau Menjangan
Pulau Menjangan merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang ada di sekitar Pulau Bali. Di pulau ini terdapat spot snorkeling dan menyelam yang sangat terkenal di Bali. Panorama bawah lautnya sangat memukau mata dengan terumbu karang yang masih alami dan ikan hias yang menambah indahnya tempat bawah lautnya. Sesuai dengan namanya, di pulau ini terdapat binatang menjangan (rusa) yang dengan setia menghuni tempat pulau ini. Selain mengatakan panorama bawah maritim yang sangat keren, pantainya juga tidak kalah indahnya dengan pantai lainnya di Bali Selatan yang berpasir putih nan eksotis. Pulau yang berlokasi di Desa Sumber Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali ini merupakan bab dari Taman Nasional Bali Barat.
9. Campgrounds Hall West Bali National Park
Bagi yang suka dengan wisata berkemah, Bumi Perkemahan Hutan Bali Barat sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Di sini tedapat hutan yang luas dan berdampingan dengan maritim akrab pelabuhan maritim Gilimanuk dan kontribusi Jalak Putih Bali yang langka. Tempatnya nyaman untuk perkemahan, baik untuk kegiatan kemah sekolah maupun keluarga. Ingin mencoba berkemah di sini? Coba sambangi tempat ini yang berada di Jalur Utama Jalan Raya Gilimanuk Denpasar, Banjar Cekik, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali.
10. Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali
Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali menjadi monumen bersejarah di Pulau Bali alasannya yaitu monumen ini dibangun untuk menghormati dan mengenang jasa para pejuang Republik Indonesia yang telah dengan gigih melaksanakan pertempuran pada April 1946. Monumen ini memang tidak banyak pengunjungn tiap harinya. Padahal monumen ini mempunyai halaman yang cukup luas untuk parkir kendaraan dan lokasinya pun sangat strategis yang berada di pingir jalan Raya Denpasar-Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Dengan nuansa merah putih monumen ini sangat gampang sekali terlihat. Bagi suka berwisata sejarah jangan lewatkan untuk mengujungi monumen ini dikala berlibur ke Bali Barat.
Nah itu beberapa tempat wisata keren yang akrab dengan pelabuhan Gilimanuk yang mungkin sanggup dikunjungi dikala ke Bali. Semoga ini sanggup dijadikan acuan dalam mencari tempat wisata di Bali dan biar liburan menjadi menyenangkan dan berkesan. Salam longtriper.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This